adsensense champ

Kamis, Desember 23, 2010

Ukuran Jari Lebih dari Normal Bisa Pertanda Kanker Prostat


REPUBLIKA.CO.ID, LONDON–Bagi Anda kaum pria dengan jari telunjuk berukuran lebih panjang dari jari tengah, layak waspada. Pasalnya, hasil riset terbaru mengungkapkan, pria dengan ukuran jari telunjuk lebih panjang dibanding jari tengah berisiko tiga kali lipat terkena kanker prostat.
Risiko tersebut kian berlipat bila pria memiliki jari manis lebih panjang ketimbang jari telunjuk. Sebaliknya, bagi pria dengan jari manis berukuran sama dengan jari telunjuk memiliki risiko kecil terkena kanker prostat.
Hasil riset juga mengungkapkan, dari hasil tes PSA (Prostate-Specific Antigen/antigen khusus prostat), menunjukan pria dengan jari manis berukuran lebih panjang dari jari telunjuk memiliki level PSA cenderung tinggi. Zat kimia ini kerap ditemukan dalam level tinggi ketika kanker memasuki stadium awal.
“Kami meyakini bahwa temuan riset memberikan cukup bukti bahwa ada keterkaitan antara ukuran jari dan tingginya level PSA,” tulis peneliti dalam British Journal of Urology seperti dikutip dari dailymail, Rabu (21/7).
Menanggapi temuan riset, ED young, Peneliti dari Cancer Reseach UK, menilai, rasio panjang jari yang dijadikan dasar analisa terhadap risiko seseorang terkena kanker prostat mungkin cukup akurat. Ia mencontohkan temuan riset terdahulu yang menyimpulkan adanya keterkaitan antara rasio ukuran jari dengan risiko kanker prostat. Meski begitu, kata dia, tidak ada yang bisa menjelaskan apakah rasio ukuran jari bisa digunakan untuk memprediksikan risiko tersebut.
Sebagai informasi, ukuran jari sebelah kanan secara medis cenderung lebih panjang ketimbang sebelah kiri. Perbedaan itu secara medis berpengaruh terhadap keseimbangan produksi hormon pada tubuh. Hasil riset terdahulu sempat membahas keterkaitan antara ukuran jari manis dengan indeks rata-rata ukuran jari tangan sebelah kanan terhadap kesehatan pria. Keterkaitan ini termasuk pula dengan hubungan ukuran jari dengan risiko penyakit jantung.
Tahun lalu, pakar medis dari Southampton University pernah pernah menyimpulkan ukuran jari yang lebih panjang sangat berpengaruh pada kemampuan berlari. Kunci dari riset tersebut adalah pengaruh hormon testoteron pada organ kelamin pria.
Adapun riset terakhir di Incheon, Korea Selatan, yang melibatkan 366 pria berusia 40 tahun menyimpulkan masalah sistem pembuangan urine merupakan gejala awal kanker prostat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar