adsensense champ

Senin, Januari 31, 2011

Jika vagina pasangan Anda kering

satulelaki.com - Sakit dan sedih bila pasangan Anda mengidap gangguan 'vagina kering'. Vagina pasangan Anda tetap kering meskipun Anda sudah mati-matian merangsangnya. Jika dipaksakan berhubungan seks, tentu pasangan akan mengeluh sakit. Perlukah pelicin buatan?

Kekeringan vagina atau kegagalan vagina menghasilkan lubrikasi jika seorang perempuan dirangsang secara seksual, biasanya berkaitan dengan ketuaan atau frigiditas. Kira-kira 60% perempuan yang berusia lebih dari 40 tahun mempunyai masalah kekeringan vagina. Dan sekitar 35% perempuan yang berusia 40 tahun juga mengalami satu atau beberapa kali, sehingga fenomena ini tak terbatas pada masalah yang berhubungan dengan ketuaan.

Jika seorang perempuan gagal menghasilkan sekresi yang cukup selama rangsangan, hubungan seksual dapat menyebabkan berbagai masalah, misalnya iritasi atau luka pada dinding vagina.

Penyebab kekeringan vagina ada bermacam-macam. Sebagian perempuan tidak menghasilkan lubrikasi yang cukup pada suatu masa dalam kehidupannya, meskipun dia sangat terangsang. Sebagian lainnya mungkin menghasilkan lubrikasi yang cukup untuk hubungan seksual, tetapi menjadi kering jika hubungan seksual terjadi cukup panjang atau lama.

Perempuan lain mungkin mengalami kekeringan karena kadar hormon yang berubah-ubah selama siklus menstruasinya. Menjelang menstruasi, tubuh menghasilkan estrogen lebih sedikit. Obat-obatan tertentu seperti antidepresan, kontrasepsi oral dan obat fertilitas dapat menyebabkan kekeringan. Demikian pula pemakaian kondom tanpa cairan pelicin.

Terdapat pula pola psikhologis dari lubrikasi vagina. Rasa takut dan cemas dapat menganggu lubrikasi. Pada sebagian kasus, seorang perempuan mungkin terangsang, tetapi tubuhnya tidak berespon karena alasan psikhologis.

Seorang perempuan dapat merasakan keraguan tentang seksualitas jika lubrikasi menjadi masalah. Sebaliknya, lelaki pun dapat merasakan hal yang sama tentang seksualitasnya jika ia terus menerus 'gagal' merangsang pasangannya sampai lubrikasi.

Jika pasangan Anda mengalami gangguan lubrikasi vagina, sebaiknya Anda mendorongnya untuk mencari penyebabnya. Jika bukan karena gangguan fisik, Anda berdua perlu mencari kemungkinan lain. Apakah Anda selalu gagal merangsang pasangan Anda?

Gunakanlah lubrikan atau pelicin. Pilih produk yang larut dalam air yang dibuat khusus untuk tujuan ini. Lubrikan dengan dasar minyak dapat merusak kondom, menutup pori-pori di vagina dan mempermudah infeksi vagina.

Lakukanlah hubungan seks lebih banyak lagi. Penelitian membuktikan bahwa aktivitas seksual yang teratur, termasuk masturbasi, dapat meningkatkan lubrikasi vagina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar